Langsung ke konten utama

Makanan Halal Rezeki Allah SWT (1)

 Tema/ Sub tema  : Kebutuhanku/ Makanan Halal Rezeki Allah SWT


MAKANAN HALAL REZEKI ALLAH SWT

(Bagian 1)


Sudah Praktik 8 Adab Makan Ala Rasulullah SAW Ini?

Berdoa sebelum makan. (pustakatoday.com)

Assalamu'alaikum anak- anak islam yang hebat...

Apa kabar hari ini ? Insya Allah dalam keadaan sehat dan selalu dilindungi Allah Subhanahu Wata'ala.. Aamiin.. 

Alhamdulillah, Allah telah memberikan rezeki untuk kita semua. Karena itu, kita harus terus bersyukur dengan nikmat yang telah diberikan-Nya.

Tetapi, bagaimana ya, cara kita bersyukur ? Salah satunya dengan makan dan minum yang sudah diatur oleh Al-Qur'an. Sebelum kita mengetahui itu semua, yuks, kita cari tahu dahulu, sebenarnya kenapa sih kita harus makan???

Tentu saja teman-teman, kita harus makan untuk bisa bertahan hidup. Selain itu, kita membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas dan kegiatan , seperti bermain sepeda, bermain bola, belajar, berjalan ke taman, berlari, dan lain sebagainya. Nah, energi untuk melakukan semua kegiatan itu didapat dari makanan yang kita makan. Makanan juga penting untuk pertumbuhan tubuh kita. 

Allah memerintahkan kepada manusia agar makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh kita,  harus halal dan baik. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqoroh /2 : 172 yang berbunyi :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُوا لِلَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Artinya : "Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah."

Kita harus memahami jenis makanan apa saja yang  dianggap halal dan juga yang haram untuk kita makan, agar makanan-makanan tersebut menjadi berkah dan menyehatkan tubuh kita.


 Makanan yang dihalalkan Allah SWT 

" Dihalalkan bagimu hewan buruan laut dan makan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu" (Q.S Al-Maidah 96)

“Telah dihalalkan bagi kamu memakan binatang ternak (seperti: Unta, Sapi, Kerbau dan Kambing)”. (QS. Al-Maidah: 1)

Pada dasarnya, semua makanan minuman yang diperoleh secara halal , boleh dimakan. Tetapi Islam juga memperhatikan, jika makanan itu tidak memberi manfaat, dapat merusak aqidah kita, dapat merusak otak, pikiran, dan  tubuh kita, maka diharamkan.


Makanan yang diharamkan Allah SWT

  1.  Bangkai, binatang yang mati atau disembelih tanpa menyebut nama Allah, Darah binatang dan binatang yang disembelih untuk sesembahan/ sesaji.                                     Didalam Al-quran disebutkan ada dua binatang yang dikecualikan dari kategori bangkai, yaitu belalang, ikan, dan binatang yang hidup di air.                                                       
  2. Khamar. minuman beralkohol/ minuman yang memabukkan, yang dapat merusak kesehatan dan mengganggu syaraf kita bahkan bisa menyebabkan kita menjadi gila.              
  3. Daging babi, karena babi merupakan hewan kotor dan juga termasuk kedalam najis. Selain itu,  ilmu kedokteran juga menunjukkan bahwa memakan daging babi adalah salah satu  penyebab timbulnya cacing pita yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Mahabesar Allah yang sangat perhatian pada manusia untuk menjaga makanannya.

Naahh, teman-teman sudah tahukan mana makanan yang halal dan makanan yang haram?  Mana yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan? Dan kita juga harus memilih makan yang baik untuk kesehatan kita. 

Kita sudahi dulu pembahasan kita kali ini. Selamat belajar, bermain dan bergembira bersama ayah bunda. Nantikan pembahasan berikutnya tentang adab makan dan makanan bergizi. 

Bunda akhiri  dan silahkan tonton dulu, cerita menarik berikut ini.. wassalamualaikum Wr. Wb. 



Sumber : Ensiklopedia anak Muslim. Makanan Rezeki dari Allah (seri 10). Penerbit Gema Insani.
 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema : Aku Hamba Allah

  Tema: Aku Hamba Allah Assalamu'alaikum teman- teman .. Apakabar hari ini? Alhamdulillah, insha Allah teman-teman semua dalam keadaan sehat wal'afiat dan dilindungi oleh Allah subhanahu wata'ala. Aamiin. Yups, kali ini, bunda akan membahas tentang tema, "Aku Hamba Allah". Aku adalah manusia hamba Allah yang hidup dipermukaan bumi dan Nabi Adam AS adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah. Adam adalah nabi dan utusan Allah yang ditugaskan untuk menjadi khalifah (pengelola) bumi. Allah menciptakan hawa sebagai pendamping setia (istri) Nabi Adam dalam menjalankan tugas-tugasnya. Nabi Adam Dan Siti Hawa sangat patuh dan taat kepada perintah Allah. Dari keduanya Allah menganugerahi keturunan (putra dan putri) yang selanjutnya berkembang memenuhi bumi hingga akhirnya sampai kepada kita. Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang sangat mulia dibandingkan dengan makhluk lainnya. Manusia ditakdirkan oleh Allah mempunyai kelebihan berupa akal dan pikiran. Allah SWT

TEMA TK : KELUARGA DAN ADAB TERHADAP ORANGTUA

KELUARGA DAN ADAB TERHADAP ORANG TUA Assalamualaikum ayah, bunda, dan teman-teman hebat TK Islam Bakti VII.  Kali ini kita akan membahas tentang keluarga dan sikap kita terhadap orangtua.  kita mulai yaa..  Bismillahirrohmanirrohim keluarga adalah orang yang berada dan tinggal bersama kita di rumah, seperti ayah, bunda, adik, dan kakak.  Ayah adalah orang yang bekerja mencari nafkah untuk kita.  Ibu adalah orang mengandung dan melahirkan kita. Ayah dan ibu adalah orangtua kita. Mereka di sebut orangtua karena telah merawat, membesarkan, dan meyayangi kita. Kita sebagai anak harus menghormati dan menyayangi kedua orangtua.  Kita harus bersikap sopan kepada kedua orangtua. Sebagai seorang anak, wajib berbakti kepada kedua orangtua. Berbakti kepada orangtua mendapat pahala yang besar dari Allah SWT. Seperti disebutkan dalam hadist bahwa "Surga itu berada dibawah telapak kaki Ibu". Adab terhadap Orangtua :  1. berbakti kepada ayah dan ibu dengan mentaati segala perintahnya yang b

Hari Kemerdekaan RI

  Senangnya Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia Bersama Ayah Bunda di Rumah Bulan Agustus sangat identik  dengan bulan kemerdekaan Indonesia,   Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Indonesia tahun 2020 mengambil Tema Besar “Indonesia Maju” dan disempurnakan dengan penambahan logo “Bangga Buatan Indonesia”. Tema Besar “Indonesia Maju” merupakan representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tema ini disempurnakan dengan penambahan logo “Bangga Buatan Indonesia” sebagai upaya menumbuhkan kecintaan warga negara pada produk dalam negeri.   https://tirto.id/fVCw Namun, peringatan tahun ini, akan terasa berbeda, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya bagi anak-anak dikarenakan pandemi Covid-19 melarang kita, terutama anak-anak untuk mengadakan kegiatan berkumpul untuk mencegah menularan virus Covid-19. Untuk itu, kami dari pihak sekolah sangat menyarankan kepada orangtua (ayah dan bunda) untuk membuat kegiatan lomba di rumah. Berikut adalah