Langsung ke konten utama

Kuat Dengan Bayam

 TEMA : TANAMAN 

SUB TEMA : KUAT DENGAN BAYAM

KUAT DENGAN BAYAM

Assalamualaikum teman-teman, apa kabar ? alhamdulillah, luar biasa, Allahu Akbar...

Salam sehat, semangat, belajar, dan bermain di rumah.

Pekan ini, kita akan membahas tentang bayam.. 

Bicara tentang bayam, bunda ingat nih, dengan si popeye si pelaut, yang menjadi kuat setelah makan bayam. Apakah teman- teman suka juga makan bayam atau sayuran lainnya? teman-teman suka sayur apa?

Nahh, mari kita cari tahu, apasih bayam itu.. 


 


Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang bisa dengan mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Hal itu bukan tanpa alasan. Bayam bisa dengan mudah dijumpai di Tanah Air karena memang gampang tumbuh di iklim panas dan semi gersang. 

Secara umum, sayuran bayam tersebut bisa dikenali memiliki dua jenis, yakni bayam liar dan bayam budi daya.  

Bayam liar biasanya tidak untuk dikonsumsi. Bayam ini memiliki ciri-ciri, seperti: Batangnya berwarna merah Daunnya kaku Berduri.

 Sedangkan bayam budi daya, biasanya memiliki ciri lain, yakni: Batang berwarna hijau Daunnya tak terlalu kaku, Tidak berduri. Bayam budi daya bisa dibagi lagi menjadi dua jenis, yakni bayam cabut dan bayam petik. Seperti namanya, bayam cabut adalah bayam yang dipanen dengan cara dicabut seluruh bagian tanamannya, termasuk akar di tanah. Sementara, bayam petik merupakan bayam yang dipanen dengan cara dipetik hanya pada bagian daunnya. Di sejumlah daerah, bayam petik ini dapat ditemui bukan hanya berwana hijau segar, tetapi batangnya bisa juga kemerahan atau putih.

Bayam juga mengandung banyak zat gizi lain yang bermanfaat bagi tubuh.  Karena kandungan zat gizinya yang banyak, bayam akhirnya diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diraih dari mengonsumsi bayam.  yakni:

  1. Menjaga kesehatan jantung 
  2. kaya akan antioksidan sehingga sangat baik untuk mencegah terkumpulnya plak kolesterol pada saluran arteri jantung. 
  3. mengontrol tekanan darah 
  4. Tulang lebih kuat Bayam karena mengandung kalsium
  5. Mencegah kanker 
  6. membangun sel darah merah 
  7. bagi wanita yang sedang hamil. Dengan banyak mengonsumsi bayam, proses pembentukan paru-paru pada janin yang diperankan oleh vitamin A dan pembentukan sistem saraf lengkap yang diperankan oleh folat akan berjalan dengan baik.
selain menjadi sayur , bayam juga dapat diolah menjadi keripik bayam loh teman-teman. Mmm, rasanya pasti lezat.. kriuk- kriuk- kriuk... 

Rasulullah, suka jika kita menjadi sehat dan kuat. Oleh sebab itu, kita harus menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi sayur buatan bunda dan tidak suka jajan sembarangan. 

Untuk kegiatan di rumah, teman-teman dapat memasak bayam bersama bunda, setelah itu, teman-teman bisa mencicipinya.. waahh, pasti menyenangkan sekali ya.. 

dan teman-teman dapat pula bercocok tanam menanam sayur atau buah di pekarangan rumah. seperti Nussa dan rara, yang melakukan eksperimen menanam dengan media sederhana, teman-teman juga bisa mencoba loh.. 




Untuk itu, bunda akhiri dulu kegiatan kita ini, sampai jumpa pekan depan ya teman-teman.. 

wassalamualaikum.. 


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Manfaat Bayam bagi Kesehatan, Kuatkan Tulang hingga Jaga Jantung", Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2020/03/10/093100668/5-manfaat-bayam-bagi-kesehatan-kuatkan-tulang-hingga-jaga-jantung.
Penulis : Irawan Sapto Adhi
Editor : Irawan Sapto Adhi


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema : Aku Hamba Allah

  Tema: Aku Hamba Allah Assalamu'alaikum teman- teman .. Apakabar hari ini? Alhamdulillah, insha Allah teman-teman semua dalam keadaan sehat wal'afiat dan dilindungi oleh Allah subhanahu wata'ala. Aamiin. Yups, kali ini, bunda akan membahas tentang tema, "Aku Hamba Allah". Aku adalah manusia hamba Allah yang hidup dipermukaan bumi dan Nabi Adam AS adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah. Adam adalah nabi dan utusan Allah yang ditugaskan untuk menjadi khalifah (pengelola) bumi. Allah menciptakan hawa sebagai pendamping setia (istri) Nabi Adam dalam menjalankan tugas-tugasnya. Nabi Adam Dan Siti Hawa sangat patuh dan taat kepada perintah Allah. Dari keduanya Allah menganugerahi keturunan (putra dan putri) yang selanjutnya berkembang memenuhi bumi hingga akhirnya sampai kepada kita. Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang sangat mulia dibandingkan dengan makhluk lainnya. Manusia ditakdirkan oleh Allah mempunyai kelebihan berupa akal dan pikiran. Allah SWT

TEMA TK : KELUARGA DAN ADAB TERHADAP ORANGTUA

KELUARGA DAN ADAB TERHADAP ORANG TUA Assalamualaikum ayah, bunda, dan teman-teman hebat TK Islam Bakti VII.  Kali ini kita akan membahas tentang keluarga dan sikap kita terhadap orangtua.  kita mulai yaa..  Bismillahirrohmanirrohim keluarga adalah orang yang berada dan tinggal bersama kita di rumah, seperti ayah, bunda, adik, dan kakak.  Ayah adalah orang yang bekerja mencari nafkah untuk kita.  Ibu adalah orang mengandung dan melahirkan kita. Ayah dan ibu adalah orangtua kita. Mereka di sebut orangtua karena telah merawat, membesarkan, dan meyayangi kita. Kita sebagai anak harus menghormati dan menyayangi kedua orangtua.  Kita harus bersikap sopan kepada kedua orangtua. Sebagai seorang anak, wajib berbakti kepada kedua orangtua. Berbakti kepada orangtua mendapat pahala yang besar dari Allah SWT. Seperti disebutkan dalam hadist bahwa "Surga itu berada dibawah telapak kaki Ibu". Adab terhadap Orangtua :  1. berbakti kepada ayah dan ibu dengan mentaati segala perintahnya yang b

Hari Kemerdekaan RI

  Senangnya Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia Bersama Ayah Bunda di Rumah Bulan Agustus sangat identik  dengan bulan kemerdekaan Indonesia,   Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Indonesia tahun 2020 mengambil Tema Besar “Indonesia Maju” dan disempurnakan dengan penambahan logo “Bangga Buatan Indonesia”. Tema Besar “Indonesia Maju” merupakan representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tema ini disempurnakan dengan penambahan logo “Bangga Buatan Indonesia” sebagai upaya menumbuhkan kecintaan warga negara pada produk dalam negeri.   https://tirto.id/fVCw Namun, peringatan tahun ini, akan terasa berbeda, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya bagi anak-anak dikarenakan pandemi Covid-19 melarang kita, terutama anak-anak untuk mengadakan kegiatan berkumpul untuk mencegah menularan virus Covid-19. Untuk itu, kami dari pihak sekolah sangat menyarankan kepada orangtua (ayah dan bunda) untuk membuat kegiatan lomba di rumah. Berikut adalah