Langsung ke konten utama

MARI MENGENAL IKAN

 TEMA : BINATANG CIPTAAN ALLAH

SUB TEMA : IKAN CIPTAAN ALLAH


MARI MENGENAL IKAN 

http://id.wikipedia.org/wiki/Ikan

Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin)[1] yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia. Secara taksonomi, ikan tergolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih diperdebatkan; biasanya ikan dibagi menjadi ikan tanpa rahang (kelas Agnatha, 75 spesies termasuk lamprey dan ikan hag), ikan bertulang rawan (kelas Chondrichthyes, 800 spesies termasuk hiu dan pari), dan sisanya tergolong ikan bertulang keras (kelas Osteichthyes). Ikan dalam berbagai bahasa daerah disebut iwak (jv, bjn), jukut (vkt).
Ikan memiliki bermacam ukuran, mulai dari paus hiu yang berukuran 14 meter (45 ft) hingga stout infantfish yang hanya berukuran 7 mm (kira-kira 1/4 inci). Ada beberapa hewan air yang sering dianggap sebagai "ikan", seperti ikan paus, ikan cumi dan ikan duyung, yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan.
Sampai saat ini, ikan pada umumnya dikonsumsi langsung. Upaya pengolahan belum banyak dilakukan kecuali ikan asin. Ikan dapat diolah menjadi berbagai produk seperti ikan kering, dendeng ikan, abon ikan, kerupuk ikan, ikan asin, kemplangbakso ikan dan tepung darah ikan sebagai pupuk tanaman dan pakan ikan.

Semua hewan membutuhkan oksigen untuk bernapas. Tapi bagaimana cara ikan bernapas di dalam air???
Cara ikan bernapas yaitu dengan cara menghirup air ke dalam mulutnya. Air tadi lalu didorong ke insang dan keluar melalui celah-celah insang. Pembuluh darah pada insang menyerang oksigen dari air dan darah, kemudian membawanya ke seluruh tubuh.

bagian tubuh ikan, apa saja yaa ? dan tahukah kamu fungsinya ? 
silahkan simak video berikut yaa.. 

Kandungan Ikan kaya akan manfaat karena merupakan sumber protein bagi tubuh. Selain itu ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan zat gizi yang terdapat pada ikan segar dan manfaatnya antara lain:

Kandungan ikan kaya akan manfaat akan lebih optimal jika dalam bentuk daging ikan segar sehingga kandungan gizi dalam ikan tetap untuk mendapatkan kandungan ikan yang kaya akan manfaat.


teman-teman ingin mengenal kehidupan ikan?? yuks, kita jalan-jalan ke SeaWord Ancol.. 

siapa yang mau ikuuuttt... 

tapi kita jalan-jalannya ke ancolnya, dirumah saja yaa.. sampai virus corona nya hilang.. 

bersiap.. dan jangan lupa membaca basmalah.. 🚍🚍🚍 Bismillahirrohmanirrohim..



Alhamdulillah.. waahh.. serukan wisata kita ke Sea Word..  😍😍😍






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema : Aku Hamba Allah

  Tema: Aku Hamba Allah Assalamu'alaikum teman- teman .. Apakabar hari ini? Alhamdulillah, insha Allah teman-teman semua dalam keadaan sehat wal'afiat dan dilindungi oleh Allah subhanahu wata'ala. Aamiin. Yups, kali ini, bunda akan membahas tentang tema, "Aku Hamba Allah". Aku adalah manusia hamba Allah yang hidup dipermukaan bumi dan Nabi Adam AS adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah. Adam adalah nabi dan utusan Allah yang ditugaskan untuk menjadi khalifah (pengelola) bumi. Allah menciptakan hawa sebagai pendamping setia (istri) Nabi Adam dalam menjalankan tugas-tugasnya. Nabi Adam Dan Siti Hawa sangat patuh dan taat kepada perintah Allah. Dari keduanya Allah menganugerahi keturunan (putra dan putri) yang selanjutnya berkembang memenuhi bumi hingga akhirnya sampai kepada kita. Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang sangat mulia dibandingkan dengan makhluk lainnya. Manusia ditakdirkan oleh Allah mempunyai kelebihan berupa akal dan pikiran. Allah SWT

TEMA TK : KELUARGA DAN ADAB TERHADAP ORANGTUA

KELUARGA DAN ADAB TERHADAP ORANG TUA Assalamualaikum ayah, bunda, dan teman-teman hebat TK Islam Bakti VII.  Kali ini kita akan membahas tentang keluarga dan sikap kita terhadap orangtua.  kita mulai yaa..  Bismillahirrohmanirrohim keluarga adalah orang yang berada dan tinggal bersama kita di rumah, seperti ayah, bunda, adik, dan kakak.  Ayah adalah orang yang bekerja mencari nafkah untuk kita.  Ibu adalah orang mengandung dan melahirkan kita. Ayah dan ibu adalah orangtua kita. Mereka di sebut orangtua karena telah merawat, membesarkan, dan meyayangi kita. Kita sebagai anak harus menghormati dan menyayangi kedua orangtua.  Kita harus bersikap sopan kepada kedua orangtua. Sebagai seorang anak, wajib berbakti kepada kedua orangtua. Berbakti kepada orangtua mendapat pahala yang besar dari Allah SWT. Seperti disebutkan dalam hadist bahwa "Surga itu berada dibawah telapak kaki Ibu". Adab terhadap Orangtua :  1. berbakti kepada ayah dan ibu dengan mentaati segala perintahnya yang b

Hari Kemerdekaan RI

  Senangnya Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia Bersama Ayah Bunda di Rumah Bulan Agustus sangat identik  dengan bulan kemerdekaan Indonesia,   Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Indonesia tahun 2020 mengambil Tema Besar “Indonesia Maju” dan disempurnakan dengan penambahan logo “Bangga Buatan Indonesia”. Tema Besar “Indonesia Maju” merupakan representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tema ini disempurnakan dengan penambahan logo “Bangga Buatan Indonesia” sebagai upaya menumbuhkan kecintaan warga negara pada produk dalam negeri.   https://tirto.id/fVCw Namun, peringatan tahun ini, akan terasa berbeda, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya bagi anak-anak dikarenakan pandemi Covid-19 melarang kita, terutama anak-anak untuk mengadakan kegiatan berkumpul untuk mencegah menularan virus Covid-19. Untuk itu, kami dari pihak sekolah sangat menyarankan kepada orangtua (ayah dan bunda) untuk membuat kegiatan lomba di rumah. Berikut adalah